Manfaat Jus Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat Jus Nanas Bagi Kesehatan

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa minum jus tiap hari akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Tidak terkecuali dengan jus nanas. Selain rasanya lezat, ternyata terdapat segudang manfaat yang wajib Anda ketahui. Berikut ini beberapa manfaat jus nanas yang kami rangkum dari beragam sumber :

Kaya Antioksidan

Buah nanas dikenal akan kandungan gizinya yang tinggi serta kemampuannya mengandung enzim pencerna protein (bromelain). Jus nanas juga dikenal sebagai salah satu sumber Vitamin C yang baik. Seperti yang kita ketahui Vitamin C dan bromelain merupakan salah satu antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Kaya Akan Nutrisi

Manfaat jus nanas lainnya adalah mengandung berbagai macam mineral penting yang diperlukan oleh tubuh. Beberapa nutrisi dan mineral yang diketahui terdapat dalam jus nanas adalah kalium, kalsium, serat, vitamin C dan magnesium. Karena kaya akan nutrisi, jus nanas merupakan diet yang baik bagi seluruh lapisan umur.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Magnesium yang hadir dalam jus nanas membantu dalam membangun tulang dan jaringan ikat. Jus nanas juga menjadi sumber kalsium yang membantu dalam penguatan tulang. Kedua zat tersebutlah yang berperan aktiv dalam mempertahankan tulang agar tidak keropos.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa

Baik Bagi Sistem Pencernaan

Seperti disebutkan sebelumnya, jus nanas mengandung bromelain yang bertanggung jawab untuk mencerna protein dalam tubuh kita. Selain itu, jus nanas juga mengandung serat yang sangat penting untuk mendorong gerakan usus. Beberapa data juga menyebutkan bahwa serat dalam nanas mampu menghilangkan penyakit cacingan. Jus nanas juga dikenal sebagai diuretik alami. Yang berarti bahwa hal ini membantu untuk menyingkirkan kelebihan penumpukan racun dan limbah dari ginjal dan hati.

Meningkatkan Imunitas

Jus nanas mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini tidak terlepas dari peran Vitamin C yang banyak terkandung di dalam jus nanas. Vitamin C membantu dalam mencegah timbulnya penyakit batuk dan pilek, sakit tenggorokan dan bahkan penyakit berat seperti bronkitis.

Properti Anti-inflamasi

Jus nanas juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga membantu untuk menyembuhkan infeksi dan luka lebih cepat.

Manfaat Jus Nanas Lainnya

Selain kaya akan antioksidan, jus nanas memiliki jumlah kandungan lemak, natrium dan kolesterol yang sangat rendah. Karena rendah akan ketiga kandungan tersebut, jus nanas merupakan pilihan yang sangat baik bagi orang yang ingin diet sehat untuk menurunkan berat badan, atau mempertahankan berat badan ideal. Jus nanas juga mampu membantu kinerja jantung dengan mengurangi terjadinya pembekuan darah.
Buah nanas juga memiliki kandungan vitamin B1 yang penting untuk mengubah gula darah menjadi energi mentah.

Nah, banyak bukan manfaat jus nanas yang dapat kita ambil untuk mendukung kesehatan tubuh kita? Tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya secara rutin. Namun pastikan Anda tidak mengalami alergi nanas sebelum mencobanya secara rutin dalam diet Anda.

sumber: http://manfaatbuahnanas.blogspot.com/

Related posts