Manfaat Ikan Salmon

8 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan, Bisa Jaga Kesehatan Otak

Manfaat ikan salmon bagi kesehatan ternyata bisa menjaga otak Anda. Salmon merupakan ikan dengan kandungan gizi sangat tinggi. Manfaatnya yang banyak juga sudah tak diragukan lagi oleh banyak orang.

Sedikit yang perlu Anda ketahui tentang ikan salmon adalah jenis ikan yang berimigrasi untuk berkembang biak. Salmon ini lahir di perairan air tawar kemudian berimigrasi ke laut, dan kembali ke air tawar untuk melakukan reproduksi.

Salmon memiliki kepercayaan bahwa selalu kembali ke tempatnya dilahirkan. Kini salmon sangat terkenal akan dunia kesehatan karena manfaat yang diberikan. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang menjadi sumber yang paling baik.

Kandungan vitamin dan protein di dalamnya juga memiliki kualitas yang tinggi. Asam omega-3 yang ada di dalam salmon mempunyai peran tinggi bagi tubuh Anda. Salah satunya adalah menjaga kesehatan tubuh. Asam omega-3 merupakan lemak istimewa yang terdapat pada daging ikan salmon.

Daging ikan salmon juga sangat kuat dalam melawan serta mengurangi risiko beberapa penyakit. Cita rasanya yang lezat menjadi nilai tambahan untuk menjadikan ikan salmon makanan konsumsi sehari-hari. Berikut merupakan rangkuman manfaat ikan salmon bagi kesehatan yang sudah dirangkum oleh merdeka.com dari berbagai sumber:

Melindungi kesehatan otak

Sebuah penelitian menunjukkan, ikan salmon dapat meningkatkan kesehatan otak Anda. Minyak ikan dan kandungan lemak baiknya memiliki potensi untuk mengurangi depresi dan kecemasan, serta mengurangi risiko demensia dan memperlambat Anda menjadi seorang pelupa terkait dengan usia.

Studi baru menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan berlemak baik dua kali dalam satu minggu dapat memperlambat hilangnya ingatan hingga 13 persen.

Sumber Omega-3 yang Baik

Salmon merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang terbaik. Hanya dengan 3,5 ons salmon, Anda akan mendapatkan manfaat dari 2,3 gram asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya.

Asam omega-3 yang ada ternyata dapat membantu Anda menurunkan risiko kanker, penurunan peradangan, kadar tekanan darah dan meningkatkan fungsi sel-sel dalam tubuh.

Kaya Protein

Sama seperti omega-3, protein merupakan zat penting untuk kesehatan tubuh Anda dan salmon merupakan sumber protein yang bagus. Protein ini dapat membantu tubuh Anda dalam menyembuhkan cedera jika Anda mengalaminya.

Protein akan menjaga massa otot dan meningkatkan kesehatan tulang. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein setidaknya 20 gram per harinya, dan ini bisa Anda dapatkan ketika memakan daging salmon.

Dapat Kontrol Berat Badan

Karena kandungan protein di dalamnya sangat tinggi, maka salmon dapat mengontrol berat badan. Jadi ikan salmon juga cocok dikonsumsi ketika Anda sedang melakukan diet. Makanan dengan protein tinggi mampu mengontrol hormon yang mengatur nafsu makan dalam tubuh Anda. Semakin banyak Anda mengonsumsi salmon maka Anda juga akan cepat kenyang.

Daging ikan salmon juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ikan yang memiliki kandungan lemak juga akan dikaitkan dengan pengurangan lemak perut yang memiliki berat badan berlebih.

BACA JUGA:https://americanintelligencereport.com/

Tinggi Potasium

Ikan salmon mengandung 18 persen dari asupan potasium yang direkomendasikan untuk manusia setiap harinya. Faktanya ikan salmon memiliki lebih banyak mengandung potasium daripada pisang yang hanya mengandung 10 persen dari yang direkomendasikan untuk manusia setiap harinya. Kalium yang ada juga dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

Rendah Lemak

Dalam satu porsi ikan salmon memiliki kalori hanya sekitar 200 kalori. Untuk ikan berlemak, salmon merupakan ikan dengan jumlah kalori sangat rendah, dan juga rendah akan lemak jenuh. Akan tetapi salmon ini tetap mempertahankan nutrisi yang sangat tinggi.

Mengonsumsi banyak ikan salmon sangat aman, dan akan menuai banyak manfaat kesehatan bagi tubuh Anda, tentunya dengan rasa ikan yang lezat.

Mengandung Antioksidan Penting

Pigmen merah pada ikan salmon berasal dari antioksidan astaxanthin, ini berpotensi untuk mengurangi penyakit jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol dengan baik dan mengurangi kolesterol jahatnya. Senyawa antioksidan ini diyakini bekerja bersama-sama dengan asam lemak omega-3 dalam salmon sehingga dapat melindungi otak Anda dan sistem saraf.

Tidak hanya itu antioksidan ini juga telah terbukti memiliki manfaat bagi kulit Anda. Penelitian mengungkapkan, antioksidan ini dapat membuat elastisitas kulit meningkat dan mampu memperbaiki kulit yang rusak.

Menghangatkan Tubuh

Siapa yang menyangka bahwasanya ikan salmon ini dapat membuat tubuh kita tetap hangat ketika musim hujan tiba. Ini karena salmon mengandung minyak. Sebagian besar bagian ikan berlemak mampu membuat tubuh kita tetap hangat ketika cuaca dingin, salah satunya yaitu salmon. Buatlah salmon panggang kemudian jadikan salad sebagai makanan pendukungnya dan juga sandwich.

Itulah 8 manfaat ikan salmon bagi yang ternyata sangat baik untuk kesehatan Anda. Ikan salmon bisa Anda olah dengan berbagai cara seperti menjadikannya onigiri salmon, salmon curry, honey garlic salmon dan salmon spicy salad. Selamat mencoba.

SUMBER:LIPUTAN6.COM

Related posts