Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

manfaat-cuka-apel-untuk-kesehatan

Cuka apel kaya akan manfaat, mulai dari menurunkan berat badan hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Rutin konsumsinya baik untuk kesehatan.
Cuka apel merupakan produk fermentasi apel. Fermentasi pada apel yang telah dihaluskan ini ditambahkan bakteri dan ragi, selain itu menggunakan gula yang akan mengubahnya menjadi alkohol. Dalam fermentasi tahap kedua, alkohol tersebut akan dibuat menjadi cuka.

Cuka apel mengandung asam asetat, asam gallic, katekin, dan lainnya. Kandungan pada cuka apel ini memiliki banyak manfaat yaitu sebagai zat antioksidan dan antibakteri.

berikut adalah 5 manfaat dari cuka apel bagi kesehatan tubuh Anda

  • Menurunkan gula darah

Bagi penderita diabetes, cuka apel ini bisa jadi alternatif pengobatan karena dikenal mampu menurunkan gula darah. Cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin terutama jika Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Tingkat sensitivitas insulin tersebut naik sebesar 19-34% dan secara signifikan dapat menurunkan gula darah dan respon insulin. Cuka apel juga dapat mengurangi gula darah hingga 34% setelah mengonsumsi 50 gram roti putih. Saat Anda mengonsumsi 2sdm cuka apel sebelum tidur dapat mengurangi gula darah puasa saat pagi hari sebesar 4%.

Namun, gula darah Anda akan mengalami penurunan saat Anda mengonsumsi karbohidrat yang tinggi. Cocok sekali untuk Anda bagi penderita diabetes, pra diabetes, atau Anda yang menginginkan kadar gula darah terjaga.

Baca Juga : Manfaat Jus Nanas Bagi Kesehatan

  • Menurunkan berat badan

Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang, dan dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori yang akhirnya akan membuat berat badan Anda turun. Karena cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang yang berakhir membuat seseorang mengasup 200-275 kalori lebih sedikit.

Adapula penelitian pada 175 orang yang mengalami obesitas. Penelitian menunjukkan konsumsi cuka apel setiap harinya dapat menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut. Penelitian tersebut berlangsung selama 3 bulan, pada penelitian dijelaskan bahwa 1sdm cuka apel bisa menurunkan badan hingga 1,2 kg, dan 2 sdm bisa menghilangkan selama 1,7kg. Namun ini bisa terjadi jika rutin diterapkan.

Anda perlu memperhatikan pola makan karena tanpa memperhatikan hal tersebut cuka apel tidak dapat berpengaruh pada turunnya berat badan Anda. Anda pun harus menerapkan secara teratur agar proses penurunan berat badan Anda dapat berhasil.

  • Sebagai salad dressing

    Tak hanya dikonsumsi dengan cara biasa, cuka apel ternyata juga dapat dibuat sebagai salad dressing yang tak kalah enaknya dengan thousand island. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda cukup menyiapkan cuka apel, minyak zaitun, mustard, pemanis, garam, lada, dan cincangan bawang putih.

    Semua bahan tersebut bisa Anda campurkan dan aduk hingga tercampur sempurna. Pemanis yang digunakan untuk campuran pembuatan salad dressing ini dapat membuatnya menjadi rendah karbohidrat. Pemanis yang dapat Anda gunakan diantaranya madu, gula, atau sirup maple.

    Salad dressing yang berbahan dasar cuka apel ini akan enak dikonsumsi bersama alpukat. Jumlah kalori dari salad dressing ini hanya 195 kalori, yang akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan dengan baik.

    • Mengurangi risiko penyakit jantung

    Cuka apel ternyata juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang merupakan penyebab kematian dini. Karena serangan jantung secara mendadak juga dapat dialami oleh semua orang.

    Penelitian yang dilakukan pada hewan, dengan memberinya cuka apel dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang baik untuk beberapa faktor risiko penyakit jantung lainnya. Adapula penelitian yang dilakukan pada tikus dan menunjukkan bahwa cuka apel dapat mengurangi tekanan darah pada tikus yang merupakan faktor utama pada penyakit jantung.

    Penelitian yang dilakukan oleh Harvard juga menunjukkan kalau wanita yang makan salad dengan dressing cuka apel dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian pada manusia tersebut menunjukkan bahwa cuka apel tersebut dapat menurunkan kadar gula darah, yang meningkatkan sensitivitas insulin dan itu semua mengarah pada pengurangan risiko penyakit jantung.

    • Sebagai toner wajah

    Satu lagi manfaat dari cuka apel adalah berhubungan pada kulit wajah dan kecantikan. Cuka apel bisa digunakan untuk toner wajah Anda. Adanya kandungan asam astringen pada cuka apel dapat digunakan menjadi toner alami yang ideal. Untuk membuatnya pun cukup mudah, dan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

    Bahan yang perlu Anda siapkan tentunya cuka apel, 1 gelas air, 1 sdt air mawar, 2-3 tetes essensial oil, dan 1 sdt hazel jika kulit Anda memiliki tipe yang berminyak. Lalu semua bahan tersebut dicampur bersama. Setelahnya diaplikasikan pada wajah dan leher Anda yang sudah bersih.

    Cuka apel digunakan sebagai toner ini dapat membersihkan kulit karena adanya kandungan asam astringen tersebut. Tak hanya itu, cuka apel juga mengandung asam asetat sebagai zat antimikroba, yang dapat mengurangi bakteri pada kulit. Termasuk bakteri penyebab timbulnya jerawat.

    sumber : https://food.detik.com

Related posts