Demam Dan Cara Meredakannya

Demam Dan Cara Meredakannya

Demam, menjadi salah satu gejala umum dari Covid-19. Ini tidak mengherankan, mengingat demam memang menjadi salah satu bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh yang melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Meskipun menjadi salah satu gejala umum dari Covid-19, Anda diharapkan tidak segera khawatir tentang saat suhu tubuh Anda meninggi. Saat demam masih dalam keadaan ringan, ada beberapa hal yang bisa langsung Anda gunakan untuk mengurangi demam. Namun, jika demam terus terjadi, bahkan suhu tubuh menjadi semakin tinggi, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Sebelum terlanjur panik, berikut ini merupakan beberapa cara yang disarankan yang dapat membantu mengurangi meriang yang Anda derita:

Minum banyak cairan

Jagalah agar tubuh Anda tetap terhidrasi saat menderita demam. Tambahkan jumlah 8 hingga 12 gelas air setiap hari untuk cairan dalam tubuh Anda, dan buat urine Anda berwarna bening. Terus mencukupi asupan cairan akan mengambil cairan dan mineral dari tubuh.

BACA JUGA: Lima Kiat Sehat Selama Puasa Ramadhan

Minum teh jahe panas

Menyeduh secangkir teh jahe panas juga efektif Anda menderita panas dan meriang. Untuk menambahkan, tambahkan setengah sendok teh jahe dalam 1 cangkir air hangat. Saring lalu minum airnya. Teh jahe ini juga akan membantu membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman.

Konsumsi makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas juga sangat efektif. Jadi Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan irisan cabai rawit atau sambal pedas ke dalam makanan Anda. Komponen utama dalam cabai adalah kapsaisin, yang membuat seseorang berkeringat dan meningkatkan sirkulasi darah dengan cepat.

Mandi

Mandi dengan air hangat akan sangat membantu menurunkan suhu tubuh. Jangan mencoba menurunkan meriang dengan mandi atau merendam diri dalam air dingin. Dengan mandi atau berendam di air dingin, suhu tubuh Anda akan semakin membaik.

Kompres air hangat

Kompres air dingin telah digunakan sebagai obat demam alami sejak zaman nenek moyang. Padahal, kompres dingin tidak dapat benar-benar menyembuhkan demam. Yang terjadi sebenarnya adalah tubuh menerjemahkan suhu dingin tersebut sebagai ancaman, yang membuat tubuh jadi makin meningkatkan suhunya dan memperparah demam.
Kompres hangat adalah metode yang lebih ampuh untuk menurunkan demam daripada kompres dingin. Pembuluh darah yang melebar akibat suhu hangat dapat memicu produksi keringat dan mempermudah pengeluaran panas dari tubuh, sehingga suhu tubuh akan menurun secara alami dari dalam.

Cukup rendam waslap bersih ke dalam mangkuk yang berisi air hangat suam kuku (jangan air panas!), peras sisa air, dan usahakan tempelkan langsung ke daerah ketiak. Anda bisa kembali merendamnya di air dingin dan ulangi pengompresan jika diperlukan. Tapi jangan ditempelkan lebih dari 20 menit dan beri jeda selama 10 menit sebelum mulai mengompres lagi.

sumber: https://www.beritasatu.com/

Related posts