6 Menu sahur Sayur Bergizi Tinggi

6 Menu sahur Sayur Bergizi Tinggi

Untuk menghindari masalah ini, bisa dicegah dengan banyak mengonsumsi menu makanan sehat, salah satunya adalah sayur. Sayur mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagai asupan gizi sehari-hari. Terdapat berbagai macam sayur yang bisa diolah menjadi menu makanan sehat saat sahur.

Dalam menjalani ibadah puasa Ramadan, seluruh umat muslim harus menahan lapar dan dahaga selama sehari penuh berpuasa. Kemudian saat adzan magrib berkumandang, umat muslim dianjurkan untuk segera berbuka puasa, menyantap makanan dan minuman untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

ibadah puasa ini harus ditunaikan selama kurang lebih 30 hari secara penuh oleh seluruh umat muslim. Tentu saja ini bukan merupakan hal yang mudah.

Apalagi saat menjalankan ibadah puasa, masih tetap melakukan rutinitas pekerjaan seperti biasa. Tidak jarang, tubuh merasa lemas meskipun waktu masih menunjukkan setengah hari puasa.

Kondisi tubuh yang lemas menjadi lebih sering dirasakan, jika asupan makanan saat sahur tidak diperhatikan dengan baik. Bukan tanpa alasan, konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi dapat menjadi bekal energi untuk disimpan di dalam tubuh selama berpuasa.

ika tidak dipenuhi dengan baik, maka tubuh akan menjadi cepat lemas. Akibatnya aktivitas keseharian menjadi terhambat.

Untuk menghindari masalah ini, bisa dicegah dengan banyak mengonsumsi menu makanan sehat, salah satunya adalah sayur. Sayur mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagai asupan gizi sehari-hari.

Terdapat berbagai macam sayur yang bisa diolah menjadi menu makanan sehat saat sahur. Mulai dari tomat, selada, brokoli, wortel, dan beberapa sayur lainnya.

Dilansir dari Bola.com, berikut kami telah merangkum beberapa jenis sayur untuk menu sahur, serta berbagai manfaat yang terdapat di dalamnya yang perlu Anda ketahui.

Daun Selada

Daun Selada
Daun Selada

Jenis sayur untuk menu sahur yang bisa diolah pertama adalah daun selada. Diketahui, daun selada mengandung serat alami tinggi yang dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh.

Konsumsi sayur selada sebagai menu makanan sahur, dapat membantu mencukupi kebutuhan serat tubuh dalam sehari. Bukan hanya itu, selada juga memiliki kandungan air cukup banyak sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah tubuh dehidrasi selama puasa.

Bagi Anda yang mempunyai masalah tubuh lemas, tenggorokan cepat kering, hingga sulit buang air besar, konsumsi selada bisa menjadi pilihan. Jenis sayur yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan makanan, baik makanan berkuah maupun goreng. Anda bisa mengolahnya sesuai selera.

Lobak

Jenis sayur untuk menu sahur selanjutnya adalah lobak. Dikatakan bahwa lobak merupakan salah satu jenis sayur yang kaya akan kandungan air dan vitamin C. Bukan hanya itu, lobak juga mempunyai kandungan antioksidan cukup tinggi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Baca Juga : Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Aja, Coba Yuk..!

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam lobak dapat membantu memperkuat sistem imun selama menjalani ibadah puasa. Di samping itu, kandungan antioksidan juga turut membantu tubuh menangkal berbagai ancaman senyawa radikal bebas penyebab penyakit.

Dengan begitu, konsumsi sayur lobak saat sahur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Tomat

Tomat juga termasuk salah satu jenis sayur untuk menu sahur yang sayang untuk dilewatkan. Tomat diketahui mempunyai kandungan likopen yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dan stroke. Bukan hanya itu, konsumsi sayur tomat juga dapat membantu menyehatkan organ hati dan menghindarkan dari kondisi hati berlemak.

Tomat menjadi salah satu jenis sayur yang cocok diolah menjadi berbagai macam menu makanan. Mulai dari sup, sebagai tambahan atau pelengkap sayur ke dalam berbagai jenis makanan, hingga dapat dikonsumsi langsung sebagai lalapan.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi menu sahur yang sehat, sayur tomat bisa menjadi pilihan bagi hidangan makanan yang akan dibuat.

Brokoli

Selain tomat, brokoli juga merupakan salah satu jenis sayur untuk menu sahur yang menyehatkan. Biasanya jenis sayur yang satu ini sering dibuat dalam menu sup sayur yang segar.

Bukan hanya itu, brokoli juga cocok untuk dijadikan menu makanan tumis dengan berbagai campuran bahan lainnya. Konsumsi sayur brokoli sebagai menu sahur pun dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh.

Brokoli diketahui merupakan jenis sayuran yang mempunyai kandungan serat dan vitamin D cukup tinggi. Kandungan serat yang terdapat dalam brokoli dapat membantu melancarkan buang air besar serta menyehatkan sistem pencernaan.

Sedangkan vitamin D dalam brokoli dapat bekerja membantu penyerapan kalsium dalam tubuh secara lebih efektif.

Wortel

Jenis sayur untuk menu sahur yang tidak kalah bermanfaat adalah wortel. Seperti diketahui, wortel merupakan jenis sayur yang kaya vitamin A dan beta karoten. Kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Sayuran yang satu ini juga bisa menjadi pilihan Anda untuk hidangan sahur. Wortel bisa dibuat menjadi berbagai macam makanan seperti sup, tambahan sayur dalam menu pecel, hingga bisa diolah menjadi camilan sehat.

Konsumsi wortel secara rutin sebagai menu sahur, bisa turut membantu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Ubi

Ubi juga termasuk salah satu jenis sayur untuk menu sahur yang tidak boleh dilupakan. Ubi diketahui mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh selama berpuasa.

Selain kandungan vitamin C, ubi juga mempunyai banyak kandungan serat yang dibutuhkan tubuh untuk menambah energi. Sehingga konsumsi ubi sebagai menu sahur dapat membantu perut kenyang lebih lama.

Bukan hanya itu, kandungan serat dalam ubi juga dapat meningkatkan reaksi insulin tubuh sehingga kadar gula darah dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik.

Sumber: https://today.line.me/ID/pc

Related posts