6 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

6 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh, Bisa Kendalikan Diabetes

Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Apabila kebutuhan vitamin C di dalam tubuh dapat terpenuhi, maka ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan dengan konsumsi vitamin C.

Manfaat vitamin C begitu banyak dan beragam bagi manusia. Sejak dulu, vitamin C telah dikenal memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Vitamin C telah dikenal aman untuk dikonsumsi dan mudah didapatkan. Baik itu dari asupan makanan dan juga terdapat dalam suplemen, yang tentunya sebagai asupan nutrisi pelengkap yang sangat bermanfaat.

Vitamin C atau yang biasanya disebut dengan asam askorbat merupakan jenis nutrisi yang mudah larut dalam air dan tidak diproduksi oleh tubuh. Namun, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari konsumsi buah dan sayur atau suplemen secara rutin.

Pada umumnya, rekomendasi asupan harian vitamin C adalah sekitar 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Vitamin C biasanya akan diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh.

Vitamin C juga memiliki peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Apabila kebutuhan vitamin C di dalam tubuh dapat terpenuhi, maka ada banyak sekali manfaat yang Anda dapat rasakan dengan konsumsi vitamin C.

Sekilas Tentang Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin ini bersifat mudah larut dalam air yang tentunya akan dibutuhkan untuk tubuh bagi pertumbuhan, perkembangan, dan proses reparasi tubuh melalui perannya dalam metabolisme kolagen. Kolagen merupakan protein yang penting bagi pembentukan kulit, tendon, ligament, dan pembuluh darah.

Jadi, tidak perlu diragukan lagi bahwa vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal tersebut sudah didukung oleh banyak sekali penelitian dan studi. Beberapa sel yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh, seperti fagosit dan sel T, membutuhkan vitamin C untuk dapat berfungsi secara optimal.

Penelitian lain menemukan bahwa orang yang kekurangan kadar vitamin C dalam tubuhnya menjadi rentan terhadap penyakit-penyakit tertentu. Mulai dari flu hingga infeksi saluran pernapasan atas.

Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Sekilas Tentang Vitamin C

1. Mencegah Kanker

Manfaat vitamin C untuk tubuh yang pertama adalah dapat membantu mengurangi kerusakan sel DNA, yang hal tersebut merupakan langkah awal invansi sel kanker ke dalam tubuh.

Vitamin C nantinya dapat mengurangi perubahan inflamasi yang memungkinkan sel-sel ganas dapat berkembang menjadi tumor yang berbahaya.

2. Mengendalikan Diabetes

Manfaat vitamin C untuk tubuh yang selanjutnya adalah dapat membantu mengendalikan diabetes. Vitamin C dapat membantu menurunkan kadar glukosa di dalam darah berkat kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Hal tersebut tentunya dapat membantu mencegah kerusakan organ yang terjadi pada penderita diabetes.

Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa, mengonsumsi 1000 mg vitamin C dalam sehari dapat membantu menurunkan kadar gula yang ada di dalam darah. Dengan dapat dikendalikannya kadar gula dalam tubuh, maka dapat dikendalikan juga penyakit diabetes yang Anda alami.

3. Membantu Terbentuknya Kolagen

Vitamin C untuk tubuh yang berikutnya adalah dapat membantu terbentuknya kolagen. Kolagen merupakan protein yang banyak terdapat pada kulit, tulang, dan tulang rawan.

Oleh karena itu, vitamin C dipercaya dapat mampu membuat kulit lebih elastis, mencegah penuaan dini, dan membuat tulang menjadi lebih kuat.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat vitamin C untuk tubuh yang selanjutnya adalah dapat mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Dikarenakan vitamin C juga berperan dalam menghasilkan kolagen, maka vitamin C ini juga dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung dengan memperkuat struktur pembuluh darah dan otot jantung.

Di samping itu, vitamin ini juga dapat mencegah perubahan sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh dari adanya serangan jantung.

5. Memenuhi Kebutuhan Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi penting yang memiliki beragam fungsi di dalam tubuh seperti memproduksi sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Mengonsumsi vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C dapat membantu mengubah zat besi yang sulit diserap menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

6. Melindungi Daya Ingat

Manfaat vitamin C untuk tubuh yang terakhir adalah dapat melindungi daya ingat Anda. Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan demensia memiliki kadar vitamin C yang tergolong rendah. Selain itu, asupan vitamin C yang tinggi dari makanan atau suplemen terbukti memiliki efek untuk memberikan perlindungan pada pemikiran dan memori seiring bertambahnya usia.

sumber : merdeka.com

Related posts