4 Kemungkinan Seseorang Bisa Jadi Pedofil Menurut Psikolog

4 Kemungkinan Seseorang Bisa Jadi Pedofil Menurut Psikolog

Jakarta -Seorang Psikolog periksa Seorang pedofil berinisial JP alias AS (48) yang menculik dua anak berhasil ditangkap polisi. Selain menculik, ia juga melakukan tindak pencabulan terhadap tetangganya yang juga masih anak-anak.

“Motifnya ya dia senang sama saja anak-anak katanya,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, dalam konferensi pers yang disiarkan di saluran Youtube Tribrata TV, Rabu (13/5/2020).

Mengutip Health Harvard, pedofilia merupakan kelainan tertarik pada anak-anak di bawah umur yang belum mencapai pubertas.

Psikolog dari Pro Help Center dan juga penulis buku, Nuzulia Rahma Tristinarum menjelaskan seseorang yang menjadi pedofil dapat dipertanyakan oleh empat faktor penting, salah satunya pola asuh yang salah dari dua orang tua yang dihasilkan masih kecil.

Baca juga: Manfaat Jus Timun Yang Belum Kamu Ketahui

Berikut empat penyebab yang mengubah seseorang menjadi ‘pedofil’ menurut Rahma:

– Pola asuh dari kedua orang tua yang terlibat
– Kejadian traumatis yang pernah mengalami kejahatan (seperti yang pernah terjadi sebelumnya yang pernah ada orang lain yang melakukan hal yang sama)
– Sering kali menonton video porno atau melihat hal yang terkait dengan seksi pada anak
– Kerusakan pada otak

Rahma menjelaskan seorang pedofil bisa disembuhkan namun dengan proses yang panjang. Menurutnya butuh kesungguhan dari pengidap pedofil itu sendiri untuk pulih. Selain itu perlu didukung oleh Lingkungan yang mendukung kesembuhannya.

“Pedofil bisa disembuhkan, perlu proses dan usaha yang besar. Karena perlu kesungguhan dari bantuan yang harus dipulihkan, juga perlu dukungan atau sistem pendukung yang baik dalam proses pemulihan,” ujar Rahma saat dihubungi detikcom, Rabu (13/5/2020) .

Simak Video “Apa Sih Quarter Life Crisis?”

Sumber: https://health.detik.com

Related posts